Sastra Untuk Silaturrahmi Antar Bangsa, Persaudaraan, dan Perdamaian ! Happy Reading !

Lukisan Risna Utami

0


SEKAR MAWAR

 

Karya ini menggunakan kanvas berukuran 50 x 50 cm. Lukisan ini pernah dipamerkan dalam acara Pameran dan Bursa: Seni Lukis & Keris, Gedung Balai Budaya, Banjarnegara. Kini karya ini dapat dilihat pada Lumbung Taman Maskumambang Purwokerto.

Risna banyak melukiskan tanaman, terutama bunga. Menurutnya, keindahan dari bunga dapat juga digunakan sebagai terapi. Oleh karena itu, Risna menggunakan ornamen warna yang cenderung cerah dan lembut. Warna merah muda yang dipilih Risna mencitrakan sisi feminin dari lukisan ini. Kerapkali warna lembut terkesan menggambarkan titik-titik kelemahan. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, bahwa kespeksifikan wanita yang menjadi citra dirinya justru menampung kekuatan tersendiri.

Dalam keadaan demikian, makna yang ingin dicapai oleh Risna dirujuk dari sifat wanita, lembut. Wanita yang dipandang memiliki kehalusan budi pekerti ditonjolkan melalui citraan bunga. Secara visual, penggambaran wanita dilihat dari kecantikan, pada penempatannya bunga memiliki konotasi kecantikan.

Lukisan yang dibuat oleh seorang wanita ini sekaligus menerangkan konsep kewanitaannya. Lukisan sebagai salah satu jenis seni rupa merupakan suatu sistem yang terbuka, yang pemaknaannya dapat bergeser. Sebagai tanda dalam transmisi komunikasi, Risna pada lukisan ini mengafirmasikan keberadaan kesemestaannya sebagai seorang wanita.

(Efen Nurfiana)





Tentang Pelukis

Risna Utami. Dalam dunia seni dikenal dengan nama Riesn@rt. Ia berdomisili di Ledug Purnawira, Ledug, Kembaran. Hingga saat ini, Risna aktif dalam beberapa komunitas seperti Komunitas Ikatan Pelukis Banyumas (IPB), Komunitas Rajut Purwokerto, dan Komunitas AEPI Jawa tengah.


Tags

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment
To Top