Sastra Untuk Silaturrahmi Antar Bangsa, Persaudaraan, dan Perdamaian ! Happy Reading !

Lukisan Kidung Purnama

0

 


MEDITASI 

Karya ini dibuat pada kanvas berukran 40 x 60 cm. Dalam produksinya, lukisan berjudul Meditasi ini menggunakan dua media, yakni cat akrilik dan spidol, dibuat pada tahun 2000. Karya ini merupakan sebuah ekspresi peristiwa 1998, pada masa transisi Indonesia. Identifikasi peristiwa tersebut mengacu kepada kondisi politik Indonesia, tepatnya pada masa pemerintahan Soeharto, lukisan ini juga menggambarkan aksi demo sebagai upaya melengserkan Soeharto.

Berbicara teknik, Kidung Purnama menggunakan teknik goresan ekspresif. Sebagaimana terlihat pada karya berjudul Meditasi ini, goresan pada kanvas terlihat bebas, di mana melibatkan kuas, tangan, jari, dan spidol. Selain itu, Kidung Purnama juga menggunakan teknik blok, untuk meletakkan nuansa tajam. Pada konteks ini, Kidung Purnama memberi perpaduan warna indigo blue, hitam, dan sedikit keunguan sebagai background, maka tajam di sini juga didudukkan dengan makna intimidasi sekaligus kekuatan.

Mari kita lihat, ada beberapa simbol kekuasaan di dalam karya ini, seperti ilustrasi manusia dengan latar belakang warna bendera Indonesia, merah dan putih. Selain itu, simbol kekuasaan juga dipersepsi melalui gambaran kursi dan gelas. Mungkinkah kursi tersebut menunjuk pada kursi pemerintah, atau kursi rakyat sebagai hak kesejahteraan? Lebih lanjut, apakah ilustrasi dua tangan dan ranjang merupakan representasi dari rakyat, sebuah penolakan, aksi, atau tempat tidur, tempat merebahkan banyak lelah dan harapan? Mari kita tetap berada pada pemaknaan kita masing-masing.

Tetapi perlu dicatat, dengan beberapa simbol yang sebelumnya telah kita simpan, gambaran mengenai kekuasaan ini harus disepakati. Dengan demikian, kerja dari ekspresi peristiwa 1998 dalam lukisan ini dapat bekerja.

(Efen Nurfiana)


Riwayat Pelukis

Kidung Purnama. Lahir di Ciamis, aktiv melukis, menggambar dan sastra sejak tahun 1994. Merupakan aktivis Keluarga Seni Rupa Tasikmalaya, Sanggar Sastra Tasik, Komunitas AZAN (Art & Culture) bersama kang Acep Zamzam Noor dan mengelola Sanggar Seni Nuansa SMAN 1 Ciamis.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment
To Top