Sastra Untuk Silaturrahmi Antar Bangsa, Persaudaraan, dan Perdamaian ! Happy Reading !

Tentang Redaksi

0



Direktur SKSP :

Abdul Wachid B.S.

 

Pimpinan Redaksi : 

Wahyu Budiantoro

 

Redaktur Pelaksana : 

Mauliya Nandra Arif Fani

Suci Wulandari

Bayu Suta Wardianto

 

Editor-Korektor : 

Rosana Nurhuda Dewi

Umi Kulsum Binti Jaenudin

 

Redaktur Puisi, Sastra Terjemahan, dan Sastra Jawa :

 Abdul Wachid B.S.

Bayu Suta Wardianto

 

Redaktur Esai : 

Wahyu Budiantoro 

Chubbi Syauqi

Musyafa Asy'ari

 

Redaktur Cerpen :

Bagus Sulistio

 

Redaktur Resensi dan Info Buku :

Umi Kulsum Binti Jaenudin

M. Musyafa Asy'ari

 

Redaktur Galeri Seni Rupa : 

Efen Nurfiana

 


sksp-literary.com


sksp-literary.com merupakan website sastra dan kebudayaan yang ditumbuh-kembangkan oleh Sekolah Kepenulisan Sastra Peradaban (SKSP). "Sekolah Kepenulisan" ini berbasis kepada komunitas mahasiswa Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri (UIN Saizu). 

SKSP mulai aktif membangun reading and writing habbit sejak tahun 2005, dan mengukuhkan diri sebagai "Sekolah Kepenulisan" pada tahun 2007, dengan Kepala Sekolahnya yang pertama ialah Indra Aditiya Warman. Pada mulanya SKSP menggunakan nama panjangnya Sekolah Kepenulisan "STAIN Press" karena anggotanya mahasiswa STAIN saling silaturrahmi sastra dengan Abdul Wachid B.S. di Kantor Penerbit STAIN Press. Karena “nongkrongnya” Abdul Wachid B.S. di Kantor STAIN Press itulah, kawan-kawan mahasiswa yang “setoran” karya puisi, cerpen, esai, ataupun karya tulis ilmiah, kepadanya lama-lama menyebutnya sebagai “Sekolah Kepenulisan. Karena bertemunya di STAIN Press, maka lama-lama kawan mahasiswa menyebutnya “Sekolah Kepenulisan STAIN Press”. Silaturrahmi Sastra ini berkembang menjadi Forum Silaturrahmi Sastra Indonesia, yang diselenggarakan setiap hari Selasa sore di teras Kantor STAIN Press, berlangsung dari tahun 2005-2007. Forum ini istiqamah ditemani oleh Abdul Wachid B.S., yang memang berkantor di Penerbit STAIN Press sebagai Wakil Direktur (dan Suwito NS sebagai Direkturnya, 2003-2010). Karena yang hadir bertambah banyak, bahkan dari kampus-kampus lain yang ada di Purwokerto, maka di tahun 2007 dikukuhkanlah menjadi “Sekolah Kepenulisan STAIN Press”.

Dalam perjalanan SKSP, ketika Abdul Wachid B.S. diamanahi menjadi Direktur Penerbit STAIN Press pada tahun 2010, dia mengubah singkatan SKSP itu menjadi “Sekolah Kepenulisan Sastra Peradaban”. Hal tersebut memperluas makna aktivitas SKSP sebagai “Sekolah” bagi kepenulisan sastra peradaban untuk mahasiswa dan kalangan umum.

Di samping itu, SKSP didirikan dimaksudkan sebagai wadah bagi kawan mahasiswa yang belajar berkesusastraan kepada masing-masing pribadi, baik kepada Abdul Wachid B.S., maupun kepada pengasuh lainnya, yaitu Anggota SKSP yang sudah produktif sebagai sastrawan. Dengan demikian, SKSP bukanlah institusi struktural Kampus UIN Saizu, melainkan “institusi” yang kultural, tugasnya minimal agar peserta dan anggotanya berbudaya Sastra.

Di era digital ini, SKSP aktivitasnya berbasis kepada kelas virtual. Oleh karena itu, dibangunlah SKSP VIDEO melalui YouTube. Saat ini telah memiliki 200 konten dan mendunia sebab diikuti oleh Viewer dari berbagai negara. Tim Redaksinya adalah Irna Novia Damayanti (Chief Editor), Farikhatul 'Ubudiyah dan Efen Nurfiana (Vice Chief Editor), serta Nia Nur Pratiwi, Hardian Rafelia Asril Aini, Ulfah Ayu Widyawati dan Susi Lestari.

Di samping itu, dibangunlah sksp-literary.com website "Sastra untuk Silaturahmi Antar-Bangsa, Persaudaraan, dan Perdamaian." Tim Redaksinya sebagai berikut: Pimpinan Redaksi Wahyu Budiantoro; Redaktur Pelaksana Mauliya Nandra Arif Fani (Penanggung-jawab), Suci Wulandari, Zakiyyatul Fuadah; Editor-Korektor Rosana Nurhuda Dewi (Penanggung-jawab), Irna Novia Damayanti, Eka Yuliandani, Sri Subekti Wahyuningrum, dan Umi Kulsum Binti Jaenudin; Redaktur Puisi dan Sastra Terjemahan Abdul Wachid B.S. ; Redaktur Esai Wahyu Budiantoro (Penanggung-jawab), Chubbi Syauqi; Redaktur Cerpen Faiz Adittian Ahyar (Penanggung-jawab), Bagus Sulistio; Redaktur Resensi dan Info Buku Bagus Likurnianto (Penanggung-jawab), M. Musyafa Asy'ari, dan Ade Irma ; Redaktur Galeri Seni Rupa Efen Nurfiana (Penanggung-jawab), Suci Wulandari; Redaktur Sastra Jawa Dewandaru Ibrahim Senjahaji (Penanggung-jawab), Fajrul Alam.

SKSP FACEBOOK berkembang menjadi penyambung komunikasi kepada dunia atas hasil kinerja sastra dan budaya, baik sksp-literary.com, maupun SKSP VIDEO, di samping menjadi media bagi Kelas Online Puisi, Kelas Online Cerpen, Kelas Online Esai, dan Kelas Online Karya Tulis Ilmiah. Dari persemaian karya tulis kelas kepenulisan online ini, ada SKSP BLOG yang menerbitkan karya tulis terpilih oleh Para Asesornya. Adapun Chief Editor-nya ialah Refi Mariska, dan Muhammad Faiz Hibatullah sebagai Vice Chief Editor, serta Habibah Ma’rifat Ilmi, Dewi Sefiyaningsih, dan Evita Putri Lestari.

Sejak tahun 2015 hingga sekarang, Kepala Sekolah SKSP adalah Wahyu Budiantoro, M.Sos. Dialah yang mengembangkan secara signifikan SKSP, dari kepemimpinan sebelumnya: Indra Aditiya Warman (2007-2009), Werdi Agung Suwargono (2010-2014), dan Arif Hidayat, M.Hum. (2015). 

Sksp-literary.com kini bekerjasama dengan Siwa Sanmun Komunitas Sastrawan Korea Selatan dalam melakukan penerjemahan karya sastra ke dalam dua bahasa, Indonesia dan Korea, untuk memajukan sastra kedua negara besar ini.

Alamat SKSP di Kantor Lembaga Kajian Nusantara Raya (gedung A lantai 1, UIN Saizu), Jalan Jendral A. Yani 40-A Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia. Email : skspliterary2021@gmail.com. Hand Phone : 0895-1414-5474.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment
To Top