Sastra Untuk Silaturrahmi Antar Bangsa, Persaudaraan, dan Perdamaian ! Happy Reading !

Lukisan Raisa Putri Ansori

0

 


GADIS MONOKROM


Karya berjudul Gadis Monokrom ini dibuat oleh seorang siswi kelas 5 Mas Mansyur di SD Manuhiba Kota Banjarnegara. Di umur yang masih sangat muda, Raisa Putri Ansori bermain dan belajar bersama di Komunitas Mading Muhiba.

Karya ini dibuat dengan media bolpoin dan spidol pada kertas berukuran 21 x 29,7 cm. Pengaplikasian membuat karya dengan pensil dan spidol tentunya memiliki beberapa hal berbeda, karakter warna pada pensil cenderung lebih soft dan smooth. Sementara itu, warna yang dihasilkan menggunakan spidol lebih tajam.

Hal tersebut tidak terlepas dari usaha yang kerahkan untuk mencapai hasil warna yang diinginkan, penggunaan pensil memerlukan penekanan pada goresan, sementara spidol lebih ringan. Selain itu, ketebalan kertas juga mempengaruhi kualitas warna, kertas yang tipis lebih beresiko tembus atau bahkan rusak. Dengan kata lain, penggunaan spidol memerlukan kesabaran dan perhatian terhadap kualitas media (kertas).

Raisa Putri Ansori dalam karyanya memilih komposisi warna hitam, dimana kesan dari karya tersebut menghadirkan sifat tenang dan tajam. Menggambar dengan spidol memiliki tiga teknik yakni arsir, pointilisme dan blok. Dalam karya ini, Raisa Putri Ansori menggunakan teknik arsir dan blok. Teknik arsir dilakukan dengan menekankan pada kekuatan garis-garis, Raisa Putri Ansori melakukannya dengan cara menggoreskan bolpoin dan spidol secara berulang-ulang. Kemudian, teknik blok merupakan teknik memenuhi area bidang, teknik ini juga biasa disebut sebagai teknik siluet.

Sementara itu, Raisa Putri Ansori tidak menggunakan teknik pointilis. Secara sederhana, tenik pointilisme merupakan teknik menggambar dengan memanfaatkan pola lingkaran, biasanya digunakan oleh sablon (screen printing). Teknik ini dikembangkan pada tahun 1886 oleh Georges Seurat dan Paul Signac sebagai cabang seni impresionisme.

(Efen Nurfiana)


Tentang Pelukis

Raisa Putri Ansori. Pelukis merupakan siswi kelas 5 Mas Mansyur di SD Muhiba Kota Banjarnegara. Bermain dan belajar bersama di Komunitas Mading Muhiba. 

Tags

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment
To Top