Sastra Untuk Silaturrahmi Antar Bangsa, Persaudaraan, dan Perdamaian ! Happy Reading !

Lukisan Kidung Purnama

0

PRAYER

 

Karya ini diproduksi pada 1 Juni 2020, telah dipamerkan di Gedung Yayasan Pusat Kedayaan (YPK) Bandung, Jawa Barat. Pameran tersebut merupakan kegiatan pameran virtual yang bersifat lelang, kegiatan ini dilangsungkan sebagai upaya membantu seniman yang terkena Covid-19, acara ini banyak diikuti seniman di Wilayah Jawa Barat. Karya ini berukuran 39 x 57 cm, berbahan kertas jeruk, cat air dan pigmen. Lukisan yang diberi judul Prayer ini telah dibeli dalam bentuk print out, sehingga wujud dari karya ini masih disimpan oleh Kidung.

Secara garis besar, karya ini merupakan reaksi Kidung dalam proses spiritualnya dalam menanggapi pandemi Covid-19. Fenomena yang diendus melalui pemahaman spiritual semacam ini memiliki kekuatan yang tidak hanya dapat ditarik secara logika. Akan tetapi, motif yang melatarbelakangi hadirnya aroma keagamaan ini tidak lantas membatasi kerja realitas dalam memahami kondisi manusia. Dalam hal ini, dimensi spiritualitas memberi arah dan sekaligus berbasiskan humanisme.

Adapun instrumen yang terdapat dalam karya ini dipahami dan dikembangkan dengan situasi yang sedang dihadapi pada masa pandemi. Interpretasi kota dan segenap usaha manusia direbus sebagai ideologi, seperangkat prinsip yang lahir membicarakan dirinya sebagai ungkapan doa, yang sama-sama dilantunkan manusia. Penggunaan doa tersebut kian meluas dan lebih intensif melahirkan makna batin.

(Efen Nurfiana)




Tentang Pelukis

Kidung Purnama. Lahir di Ciamis, aktiv melukis, menggambar dan sastra sejak tahun 1994. Merupakan aktivis Keluarga Seni Rupa Tasikmalaya, Sanggar Sastra Tasik, Komunitas AZAN (Art & Culture) bersama kang Acep Zamzam Noor dan mengelola Sanggar Seni Nuansa SMAN 1 Ciamis.


Tags

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment
To Top