Sastra Untuk Silaturrahmi Antar Bangsa, Persaudaraan, dan Perdamaian ! Happy Reading !

Lukisan Firhan Nur Akbar

0

    



PESANAN


Karya ini berukuran 30 x 20 cm, dibuat dengan media pensil pada kertas A4. Karya Firhan Nur ini menggunakan teknik dusel atau arsir, dengan memanfaatkan aplikasi Grid untuk menentukan garis bantuan. Aplikasi yang mudah diakses melalui ponsel ini kerap digunakan oleh seniman yang berfokus pada sketsa wajah. Kontribusi garis wajah pada aplikasi ini cukup membantu bagi kalangan pemula, atau biasa para seniman juga membuat garis manual pada kertas atau kanvas mereka.

Selain menekuni seni, Firhan Nur merupakan seorang mahasiswa di Universitas Wahab Hasbullah Jombang dan santri di daerah tersebut. Firhan Nur juga turut membantu ndalem Kiai, seperti mengurus keperluan di luar dan mengantar Kiai ketika bepergian. Pemuda kelahiran Madiun ini mengasah kemampuan seninya dengan mencuri waktu di tengah kesibukannya menjadi mahasiswa dan santri.

Teknik dusel merupakan teknik menggambar yang bertujuan menentukan gelap-terang objek, teknik ini berkaitan dengan posisi pensil miring atau rebah, termasuk jenis pensil yang digunakan, teknik ini juga biasa dibantu dengan kapas atau alat khusus yang berbentuk gulungan kertas, tisu, katembat telinga dan alat lainnya.

Dalam teknik dusel, menentukan volume objek menjadi hal yang penting, dengan menggosoknya perlahan. Teknik ini umumnya dibagi menjadi dua, pertama, merupakan gradasi super ciamik, yang memiliki kesan halus dan tipis. Untuk mendapatkan teknik ini, garis perlu digosok ke arah dalam, yang kemudian akan menghasilkan garis utama menjadi kabur. Kedua, teknik dusel yang lebih sulit yakni menghasilkan arsiran gelap-terang dan halus di bagian luar dalam, sementara garis utama terlihat jelas. Terdapat juga kesan mengkilap dan hidup.

Ketika diperhatikan, wajah memiliki beberapa elemen menonjol untuk menentukan objek hidup atau tidak, yakni ekspresi mata dan bibir. Sebagaimana kita semua tahu, bahwa ekspresi pada kedua elemen tersebut bekerjasama untuk menentukan objek hidup atau tidak. Sebab, tidak bisa dipungkiri bahwa banyak gambar yang akhirnya diabaikan dan atau bahkan dirusak sendiri oleh senimannya karena gagal memberi nuansa kehidupan di dalam karyanya. Menanggapi hal tersebut, saya akan sedikit mengurai bagaimana membuat sebuah ekspresi agar karya memiliki kehidupan.

Seniman membutuhkan kerja keterampilan, kepekaan rasa, ide dan pengetahuan serta tentunya kreativitas. Selain daripada keterampilan yang memang menjadi dasar dari terbentuknya suatu gambar, di sini kita juga membutuhkan kerja naluri. Firhan Nur sendiri membutuhkan satu tahun lebih untuk dapat memahami dan mempelajari garis dan gelap-terang karyanya. Sehingga kini ia berani memasang harga Rp. 120.000, 00 untuk satu karyanya.

Dalam perbincangan kami, Firhan Nur mengatakan “Kesulitan membuat ekspresi wajah adalah menentukan gelap-terang dan menempatkan pantulan cahaya di pupil mata. Itu menjadi tantangan tersendiri, terlebih objek mata cenderung kecil, jadi perlu ketelitian. Sedangkan, ekspresi senyum lebih kepada pertemuan bibir atas dan bawah, garis tebal-tipis dan ujung kedua bibir, juga perlu diperhatikan. Paling penting menurut saya, terletak pada garis (line), dan gelap-terang (tone). Barangkali garis masih dapat terbantu oleh aplikasi Grid. Akan tetapi gelap-terang pada sketsa wajah harus ditonjolkan. Sebab, diperlukan efek agar gambar terlihat lebih hidup. Ketika telah menguasai garis (line), kita bisa mempelajari langkah lebih lanjut yakni anatomi wajah.”

Demikian, kita akhirnya tahu bahwa ekspresi yang dibuat oleh seniman dalam karyanya membutuhkan kontribusi keahlian dan keterlibatan naluri.

(Efen Nurfiana)


 

Tentang Pelukis

 



Firhan Nur Akbar. Lahir di Madiun, Jawa Timur.  Kini Firhan Nur bermukim di Jombang, tepatnya di Pondok Pesantren. Saat ini, Firhan Nur berusaha menyelesaikan pendidikannya di Universitas Wahab Hasbullah. Menyukai dunia seni, khususnya, lukis dan menulis. Bergerak dan berproses aktif di keluarga Dolobvers Nusantara.


Tags

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment
To Top