Sastra Untuk Silaturrahmi Antar Bangsa, Persaudaraan, dan Perdamaian ! Happy Reading !

Lukisan Novy Noorhayati Syahfida

0


 

LONELY HOME

 

Acrylic technique on canvas berukuran 30 x 30 cm, dibuat pada tahun 2021 dengan teknik impasto. Pada umumnya, teknik impasto ini banyak digunakan oleh seniman, di mana secara teknik, cat dilapiskan dengan tebal pada kanvas. Sehingga menimbulkan tekstur yang mudah terlihat dan menonjol. Pada sisi lain, eksistensi objek juga lebih terasa kehadirannya. Tidak hanya banyak digunakan pada lukisan abstrak, teknik ini juga dapat mengekspresikan dirinya pada karya Novy.

Sewaktu melihat lukisan Novy ini, saya langsung dapat menangkap ekspresi sunyi. Tetapi apakah ekspresi sunyi yang mudah sampai itu menjadikan karya ini lemah? Saya pikir tidak begitu. Boleh jadi, nuansa sepi itu dinisbahkan sebagai ekspresi rumah yang bermakna kedamaian, sekalipun tentunya makna dari damai itu tidak selalu tentang sunyi. Rumah pada dasarnya diposisikan sebagai tempat tinggal atau tempat pulang, di mana kepulangan itu dapat mengekspresikan banyak makna. Pada konsep lukisan Novy ini, sepi tidak dilekatkan untuk menggambarkan rumah yang ditinggalkan, karena atribut yang tergambar di dalam lukisan ini tidak mengekspresikan rumah yang terbengkalai.

Lukisan ini secara aktif menguarkan sunyi, tetapi sunyi di sini tidak diposisikan sebagai perasaan kesepian atas objek, bukan perasaan kosong yang merindukan kehadiran. Sunyi di sini lebih mengarah kepada ketidakadaan aktivitas, bunyi dan percakapan. Kenapa begitu? Karena lukisan ini tidak mengekspresikan air mata atau kesedihan, lebih kepada kepasrahan yang diterima dan disepakati.

Ketika diperhatikan idiom warna pada lukisan Novy, pemilihan warna-warna lembut ini menjadi tepat, karena pada dasarnya sunyi di dalam rumah yang digambarkan oleh Novy tidak mencerminkan suatu keadaan yang seram atau suram. Novy mengatakan gambaran sunyi ini sengaja ditangkap untuk mendefinisikan ketunggalan objek. Sekalipun penglihatan dengan indra ini tidak dapat membatasi kebebasan makna, makna rumah ini dapat ditinjau dari banyak sisi, dapat diselami lebih dalam dan dijelajahi lebih luas. Sebagaimana Novy memandang bahwa melukis merupakan dunia baru baginya, yang membuatnya berkeinginan tersesat di dalamnya.

(Efen Nurfiana)





Tentang Pelukis


Novy Noorhayati Syahfida. Ia lahir pada tanggal 12 November di Jakarta. Novy lebih dulu dikenal sebagai penulis puisi, karya-karyanya dapat ditemui di berbagai media cetak, media online, dan juga di lebih dari 90 buku antologi bersama. Selain itu, Novy telah berhasil menerbitkan 4 buku kumpulan puisi tunggal. Sejak tahun 2019 lalu, Novy mulai belajar melukis secara autodidak. Lukisan-lukisannya telah dipublikasikan di media sosial seperti Facebook, Instagram dan Pinterest. Pernah mengikuti Virtual International Exhibition antara Indonesia & Hungaria (2021), Indonesia Art & Culture Festival (Demak, 2022), Pameran Seni Rupa Perempuan Tingkat Nasional #3 (Yogyakarta, 2022), Still Art When Pandemic (Jakarta, 2022) dan Pameran Lukisan Nasional "Ragam Pesona Nusantara" (Surakarta, 2022). Saat ini, ia bekerja di sebuah perusahaan kontraktor dan menetap di Tangerang.

Tags

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment
To Top